Headlines News :
Home » » Antara Kentang, Telur Dan Kopi

Antara Kentang, Telur Dan Kopi

Written By Moch Abdul Karim on Selasa, 16 Agustus 2011 | Selasa, Agustus 16, 2011


Ini adalah sebuah kisah nyata, Ada seorang anak mengeluh pada ayahnya mengenai kehidupannya dan menanyakan mengapa hidup ini terasa sukar menyakitkan baginya. Dia tidak tahu bagaimana menghadapinya dan hampir menyerah kalah dalam kehidupan. Ia sudah letih untuk berjuang. Setiap kali masalah selesai, timbul masalah baru.

Ayahnya seorang tukang masak, membawanya ke dapur. Ia mengisi 3 periuk dengan air dan meletakannya diatas api. Setelah air diketiga-tiganya itu mendidih, ia menaruh kentang merah didalam periuk pertama, telur diperiuk kedua, dan ia menaruh serbuk kopi diperiuk ketiga.

Ia membiarkannya mendidih tanpa berkata-kata. Si anak bertanya-tanya dan menunggu dengan tidak sabar,memikirkan apa yang sedang dikerjakan oleh ayahnya.

Setelah 20 menit, si ayah mematikan api. Ia menyisihkan kentangdan memasujkkannya di dalam mangkuk, mengangkat telur dan meletakkannya di mangkuk yang lain, dan menuangkan kopi di mangkuk lainnya. Lalu di berkata pada anaknya,”Apa yagn kau lihat,nak? “kentang, telur, dan kopi” jawab si anak.

Ayahnya mengajaknya mendekati mangkuk dan memintanya merasakan kentang itu. Ia melakukannya dan merasa bahwa kentang itu terasa enak.

Ayahnya lalu memintanya mengambil telur dan memecahkannya.Setelah membuang kulitnya, ia mendapati sebiji telur rebus yang mengeras.

Terakhir, ayahnya memintanya untuk merasaka kopi. Ia tersenyum ketika meminum kopi dengan aromanya yang khas.

Setelah itu, si anaknya bertanya, “Apa arti semua ini, ayah?” Ayahnya menerangkan bahwa ketiganya telah menghadapi kesulitan yang sama, PEREBUSAN, tetapi masing-masing menunjukan reaksi yang berbeda.

Kentang sebelum direbus kuat, keras, dan sukar dipatahkan. Tetapi setelah direbus, kentang menjadi lembut dan lunak.

Telur sebelumnya mudah pecah. Cangkang tipisnya melindungi isinya yang berupa cairan. Tetapi setelah direbus, isinya menjadi keras.

Serbuk kopi mengalami perubahan yang unik. Setelah berada didalam rebusan air, serbuk kopi merubah air tersebut.

Kamu termasuk yang mana?”, Tanya ayahnya. “Air yang panas yang mendidih itu umpama kesukaran dan cobaan yang bakal kamu lalui,, ketika kesukaran dan kesulitan mendatangimu, bagiman kamu menghadapinya? Apakah kentang, telur, atau kopi?”

Kentang yang kelihatannya keras, tapi dengan adanya penderitaan dan kesulitan, kamu menyerah, menjadi lembut dan kehilangan kekuatanmu. Atau telur…, yang awalnya memiliki hati lembut, dengan jiwa yang dinamis, namun setelah adanya kematian, patah hati, perceraian, atau kegagalan menjadi keras dan kaku.Diluar kelihatan sama, tetapi apakah kamu menjadi pahit dan keras dengan jiwa dan hati yang kaku?.

Ataukah seperti serbuk kopi, merubah panas, sesuatu yang menimbulkan kesakita, untuk mencapai rasanya yang maksimal pada suhu 100 derajat celcius. Ketika air mencapai suhu terpanas, kopi terasa semakin nikmat.

Jika kamu seperti serbuk kopi, ketika keadaan menjadi semakin buruk (semakin panas), kamu akan menjadi semakin baik dan membuat keadaan disekitarmu juga menjadi semakin baik.

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Translate

JUAL SAPI QURBAN

JUAL SAPI QURBAN

twitter

My Ads

 
Support : | |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. D'ezza - All Rights Reserved
Template Design by Published by nihgratis.blogspot.com